Tuesday, March 8, 2011

Tips dan Trik Perkalian ( Raraban ) 9

Ini adalah adalah trik paling jitu bagi kamu yang disuruh menghapal tabel perkalian (orang sunda menyebutnya 'raraban') 9 - Sembilan . Perkalian atau Raraban 9 ini tidak mesti dihapalkan diluar kepala, karena untuk menghapalkan sesuatu kita pasti butuh waktu.  Kita bisa 'menghapalkan' dengan cepat raraban ini dengan cara lain yaitu dengan  'Teknik Jari'.

Persiapan :
Rentangkan 10 jari tanganmu sehingga jari kelingking tangan kiri ada di deretan paling kiri dan jari kelingking tangan kananmu ada di paling kanan.


Sekarang, Contoh Soal 1,  bila gurumu menanyakan hasil dari perkalian 3 x 9

maka jawabannya adalah dengan menekukkan jari ketiga dari sebelah kiri - yaitu jari tengah tangan kiri - dan jari yang masih tegak berdiri itulah jawabannya. yaitu dua jari disebelah kiri dan tujuh jari disebelah kanan jari yang ditekuk tadi.

Jawabannya adalah : 27 - dua-tujuh (Dua puluh tujuh).
(Nggak percaya? Bandingkan hasil ini dengan menggunakan Teknik Memencet Kalkulator hehehe :D. Hasilnya pasti sama.)


Contoh Soal 2, bila gurumu menanyakan hasil dari perkalian 5 x 9,

maka jawabannya adalah dengan menekukkan jari kelima dari sebelah kiri - yaitu jempol tangan kiri - dan jari yang masih tegak berdiri itulah jawabannya. yaitu empat jari disebelah kiri dan lima jari disebelah kanan jari yang ditekuk.

Jawabannya adalah : 45 - empat-lima (Empat puluh lima).


Ok, sekarang Contoh Soal 3, bila gurumu menanyakan hasil dari perkalian 9 x 9,

maka tekukkan jari kesembilan - yaitu jari manis tangan kanan -  maka kita bisa lihat hasilnya adalah  81 - delapan-satu (Delapan puluh satu)...




1 comment:

  1. Terima kasih postingnya... semoga bisa menjadi ladang amal bagi kita semua Ammiin!
    Salam dari Simbya.

    ReplyDelete

Blog Archive