Monday, March 14, 2011

Tips Mengatasi dan Menghilangkan Bau Mulut.

Mempunyai masalah bau mulut memang memalukan, berbagai cara menghilangkan bau mulut tak sedap secara alami ataupun gak alami. Apalagi kalo lagi ngejalanin puasa, pasti perlu banget Tips Mengatasi Bau Mulut Selama Berpuasa.
Tips Mengatasi dan Menghilangkan Bau Mulut
Tips Mengatasi dan Menghilangkan Bau Mulut
Buat kamu yang punya masalah dengan bau mulut, biasanya bau mulut itu disebabkan karna :
* Banyak karang gigi di mulut
Biasanya karna penumpukan plak ato sisa makanan, karna tidak atau sulit di bersihkan, jadi plak itu berubah menjadi keras dan menjadi karang gigi
* Dalam mulut kamu ada infeksi
Seperti adanya gigi yg berlubang, atau gusi kamu mudah berdarah, ataupun sisa-sisa gigi yg sudah mati tapi belum kamu cabut.
* Karna penyakit sistemik
Seperti xerostomia (mulut kering) karna penyakit diabetes melitus atau penyakit yg menyebabkan mulut jadi kering lainnya. Mulut kering ini biasa menyebabkan bau mulut.
* Karna makanan yg kamu makan
Kalo kamu makan makanan seperti jengkol, bawang ato makanan lain, pasi mulut kamu jadi bau lah.
Gimana solusinya? Berikut beberapa cara mengatasi bau mulut dan juga tips menghilangkan bau mulut saat puasa :
* Menjaga kebersihan mulut dan gigi
Menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari. dan lidah secara benar. Disarankan juga membersihkan lidah dengan benar menggunakan alat khusus, karena bakteri juga bisa tinggal di sana. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi.
* Periksa ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali
- Bersihin karang gigi
karna karang gigi itu sumber penyakit (terdiri atas kuman2) jadi datang aja ke dokter gigi buat di bersihin (scalling)
- Sumber infeksi (seperti sisa akar gigi di cabut)
Karna kalo di biarkan di dalam mulut, dapat menyebabkan terjadinya nanah (abses) dan itu juga bisa mengakibatkan kamu sakit dan bau mulut aswell.
- Bila perlu, lakukan spa gigi dua kali dalam sebulan untuk menjaga kesehatan gigi.
* Hindari faktor makanan penyebab bau mulut
Jika perlu, hindari dulu makanan yang dapat memicu bau mulut seperti ikan, daging, produk susu, makanan pedas, bawang merah, bawang putih, kopi dan makanan manis. Kalo kamu suka jengkol, usahakan untuk menguranginya.
* Perbanyak konsumsi air putih
Konsumsi air putih minimal satu liter atau delapan gelas sehari. Selama puasa, kamu bisa melakukan saat berbuka hingga sahur. Ini untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh.
* Gunakan obat kumur untuk mengurangi bakteri
Kamu bisa pakai obat kumur, tapi jangan terlalu sering karna di dalam mulut ada flora normal (bakteri dan jamur) akan mati dan timbul jamur. Usahakan pakai listerin 2x dalam seminggu saja. Jangan pilih obat kumur mengandung alkohol di atas 25 persen karena memicu risiko kanker rongga mulut. Obat kumur bisa menahan bau mulut sampai delapan jam. Tapi tetap menjaga kebersihan mulut.
* Pemakaian kawat gigi
Kalo kamu menggunakan kawat gigi yang dilepas, pastikan kawat gigi selalu bersih dan baik saat menyimpan maupun saat menggunakannya kembali. Hal ini untuk menjaga kebersihan gigi dan juga bau mulut.
* Hindari rokok dan alkohol
Dengan mengkonsumsi rokok dan alkohol berefek memperburuk status kebersihan mulut yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis. Karena Alkohol mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut.
* Makan permen karet atau permen mint
Kunyah permen karet tanpa gula untuk meningkatkan saliva, atau permen mint untuk membantu mengurangi bau mulut lebih baik, whanya sementara. Ahli mengatakan, permen dengan kandungan minyak sinamon akan membantu menghilangkan bakteri mulut yang merugikan. (kalo lagi gak puasa)
* Perbanyak konsumsi buah-buahan
Kamu bisa mengkonsumsi buah-buahan untuk pengusir bau mulut seperti apel, bengkuang dan wortel (konsumsi saat buka puasa dan sahur) Atau bisa juga dengan Teh hijau yang mengandung bahan aktif catechin dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula, dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Minumlah 2-5 cangkir teh hijau sehari.
* Konsumsi makanan probiotik dan Keju
Asup makanan probiotik seperti yogurt yang memelihara pencernaan dan menghambat bau mulut. Keju yang rendah karbohidrat, tinggi kalsium dan mengandung fosfat, dapat memperkuat email gigi, meningkatkan produksi air liur dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.
Itulah beberapa tips mengatasi dan menghilangkan Bau Mulut saat puasa ataupun untuk hari-hari biasa. Masalah bau mulut yang jadi masalah bisa kamu ikuti tips menghilangkan bau mulut secara alami diatas. Selamat mencoba semoga berhasil. Informasi Baru dari berbagai sumber.

No comments:

Post a Comment

Blog Archive