Monday, March 14, 2011

Tips Perawatan Rambut Rontok Secara Alami.

Mempunyai masalah dengan rambut rontok memang menyebalkan, rambut terasa tidak sehat. Banyak sudah cara merawat rambut rontok yang dilakukan. Mungkin beberapa tips perawatan rambut rontok secara alami dan tradisional berikut bisa dicoba.
Tips Perawatan Rambut Rontok Secara Alami
Tips Perawatan Rambut Rontok Secara Alami
Sebelum mengetahui cara merawat rambut ronrok, berikut 3 “faktor penyebab Rambut rontok”, antara lain :
1. Faktor dalam
Faktor dalam adalah faktor yang timbul dari tubuh/badan kita sendiri. Misalnya stress, sakit, kurang tidur, atau sedang banyak masalah. Solusinya adalah relaxasi, refreshing, dan konsultasi ke dokter.
2. Faktor pemakaian shampoo
Pemakaian shampoo sangat berpengaruh, kalo kamu salah memilih shampoo, maka rambut kamu yang jadi korbannya. Pilihlah shampoo yang benar-benar cocok untuk rambut kamu. Kalo kamu bingung memilih shampoo, konsultasikan ke dokter. Disarankan agar memilih shampoo yang terbuat dari bahan-bahan alami. Karena bahan-bahan alami tidak merusak rambut.
3. Faktor Luar
Faktor luar adalah faktor debu, atau dari lingkungan. Kalo kamu menghabiskan waktu sehari/melakukan rutinitas di luar rumah, tentunya mengalami faktor luar ini.
Berikut beberapa Tips Merawat Rambut Rontok dan hal-hal yang perlu dilakukan.
1. Hindari menyisir saat rambut dalam keadaan basah.
Biarkan saja rambut anda kering secara alami. Rambut yang basah lebih mudah lepas jika tertarik sedikit saja. Kebiasaan menyisir rambut ketika basah harus kamu hentikan, mulailah merawat dan menyayangi rambut kamu.
2. Pilihlah sisir dengan gerigi yang jarang.
Kalo kamu menggunakan jilbab, sebaiknya sisir rambut kamu terlebih dahulu. Cara ini akan membuat rambut kamu lebih terjaga dengan rapih sekaligus dapat melancarkan peredaran darah di kepala.
3. Jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut atau hairdryer.
Kalo kamu terpaksa menggunakannya, sebaiknya gunakan suhu yang rendah. Perhatikan juga jarak rambut dengan pengering. Usahakan jaraknya sekitar 10-15 cm dari batang rambut. Terlalu sering mengeringkan rambut akan membuat kelembaban rambut kamu rusak.
4. Sering-seringlah menggerai atau mengurai rambut kamu.
Apalagi saat kamu tidur. Hilangkan kebiasaan mengikat atau menjepit rambut dengan kencang. Hal itu dapat membuat rambut kamu mudah patah dan rontok. Selain itu kebiasan mengikat rambut bisa membuat pertumbuhan rambutmu tidak bagus.
Untuk menjaga kelembaban rambut, sebaiknya gunakan pelindung kepala seperti scarf, topi atau payung ketika kamu berada di bawah sinar matahari.
5. Agar rambut lebih sehat dan juga terlihat modis
Seringlah mengubah garis belahan dan gaya rambut kamu. Mengubah belahan menghindari kulit kepala yang sama terkena matahari dalam waktu panjang. Hal ini dapat mencegah kerontokan secara perlahan.
6. Lakukan perawatan pada rambut secara khusus.
Setidaknya minimal 2 minggu sekali, lakukan kegiatan creambath, hairmask, dan hair spa untuk memperindah & menyehatkan rambut kamu.
Atau kamu juga bisa mngikiti Tips Merawat Rambut Rontok yang lain. Berikut cara Perawatan Rambut Rontok secara alami dan tradisional yang bisa kamu coba sendiri di rumah :
* Ambil 10 lembar daun waru/kapuk randu, rebus bersama 1L air.
* Didihkan hingga menjadi 1gelas belimbing, kemudian dinginkan.
* Kemudian basuhkan ke kepala kamu sambil diberi pijatan ringan, diamkan hingga kering.
* Cuci bersih rambut dengan shampoo yang biasa kamu gunakan.
* Lakukan secara rutin 2hari sekali.
* Setelah beberapa saat, kamu akan mendapati Rambut Sehat, dan Rambut Berkilau.
Itulah beberapa Tips Perawatan Rambut Rontok Secara Alami diatas semoga bisa bermanfaat. Dari berbagai sumber. Lihat juga Tips Merawat Rambut Pendek.

No comments:

Post a Comment

Blog Archive