MI

PENDAHULUAN
Semua orang tua sangat mendambakan putra-putrinya menjadi generasi yang sholeh sholehah yang berwawasan amal ilmiah , kreatif, inovatif, mandiri dan percaya diri, yang bermanfaat bagi umat.
    Semua orang tua sangat tidak menginginkan putra-putrinya menjadi generasi yang lemah yang dihawatirkan tidak dapat mensejahterakan dirinya apalagi kepada yang lainnya.
    Setiap pribadi memiliki potensi unik yang harus dikembangkan agar menjadi asset keluarga, masyarakat dan bangsa. Pengembangan potensi tersebut bisa dilakukan melalui proses pembudayaan, pengetahuan, pengajaran, dan pendidikan.
    Pendidikan dasar dalam Islam adalah basis dari pembinaan generasi masa depan yang berilmu amaliyyah dan beramal ilmiyyah. Sementara lingkungan kehidupan modern yang heterogen di era globalisasi, menuntut banyak kompetensi di bidang ilmu-ilmu praktis terapan yang kian hari kian canggih. Di sisi lain, lingkungan modern itu kerap dijangkiti oleh pengaruh budaya negatif yang merusak akhlak, akidah dan komitmen terhadap agama.
    Pada era globalisasi semakin beratnya tantangan zaman Yayasan Sabilil Huda melalui Madrasah Ibtidaiyah ikut terpanggil untuk menyelenggarakan pendidikan dasar yang berkuwalitas yang menggunakan metoda pendidikan terpadu agar dapat menjaga kemurnian fithrahnya dan membina diri anak menjadi manusia yang mapan di masa depan yang mulia menurut pandangan Alloh dan masyarakatnya.

VISI
Menjadi Madrasah Ibtidaiyah Sabilil Huda yang unggul dan mampu membangun generasi muslim yang sholeh, berprestasi dan mandiri dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

MISI
1.       Meningkatkan Mutu dan Profesionalisme sesuai dengan kurikulum yang berlaku
2.       Meningkatkan Disiplin Kerja warga Belajar, yang mengarah kepada Peningkatan  Prestasi baik akademis maupun non akademis
3.       Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
4.       Meningkatkan Hubungan Kerjasama antara Sekolah, guru, orangtua, masyarakat, dan Komite Sekolah
5.       Memberikan materi yang sesuai dengan tahapan kemampuan siswa;
6.       Mengintegrasikan Nilai-nilai Islam ke Dalam Proses Pembelajaran
7.       ‎‎Menjadikan Lingkungan Sekolah yang Kondusif melalui Program K 6 ‎‎(Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, kekeluargaan dan Kerindangan)

8.       Meningkatkan sarana dan prasarana madrasah

TUJUAN
1.       Setiap guru meningkatkan kualifikasi akademik sesuai ketentuan yang berlaku
2.       Setiap guru menentukan target keberhasilan kegiatan belajar mengajar secara terukur
3.       Semua kelas sudah melaksanakan pendekatan “Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM)” pada semua mata pelajaran;
4.       Terciptanya budaya Taqwa, taat asas dan demokratis di lingkungan sekolah
5.       Mengimplementasikan model pembangunan komunitas belajar berbasis karakter bangsa
6.       Melaksanakan proyek sekolah untuk memecahkan masalah bersama masyarakat
7.       Menjalin kerjasama lembaga pendidikan dengan media dalam mempublikasikan program sekolah
8.       Terciptanya lingkungan sekolah yang Islami, Bersih, asri, dengan wujud tiap kelas memiliki taman, baik di depan kelas maupun di tempat tertentu
9.       Memanfaatkan dan memelihara fasilitas untuk sebesar-besarnya dalam proses pembelajaran
10.   Terciptanya suasana budaya etos kerja dan tanggung jawab penghargaan, dan hubungan interpersonal yang harmonis

11.   Meningkatkan lingkungan sekolah yang bernuansa religius pada setiap tahunnya